Selasa, 29 Juni 2010

LATIH 2_TI

Latihan 2

INFORMATIKA KESEHATAN

I

nformatika Kesehatan merupakan ilmu yang mengkaji penggunaan teknologi informatika dalam menyelesaikan masalah kesehatan. Pendekatan kesehatan merupakan pendekatan yang sangat berbeda dengan kedokteran. Kita kenal dalam kesehatan beberapa pendekatan antara lain :

* Promotif

* Preventif

* Kuratif, dan

* Rehabilitatif


Kesehatan merupakan pendekatan preventif dan promotif. Oleh karenanya, dalam kajian ilmu terjadi pemisahan dari kedokteran berkembang kemudian kesehatan masyarakat. Pada informatika kesehatan terdapat hal yang prinsip, yang sangat berbeda dengan informatika kedokteran. Pada informatika kesehatan beberapa penulusuran masalah akan berawal dari eviden base. Karena itu cakupan informatika kesehatan merupakan cakupann masal bukan individu. Indicator-indikator kesehatan tidak terbentuk secara individu tetapi merupakan komulatif dari masalah public.

Pada informatika kesehatan tidak di lakukan intervensi secara personal tetapi secara public. Pada informatika kesehahtan tidak berbasis kuratif dan rehabilitatif, tetapi menekankan pendekatan promotif dan preventif. Teknologi pada informatika kesehatan di gunakan untuk melakukan intervensi secara public dengan cakupan yang luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar